Selasa, 28 Mei 2013

Film I-Robot dan Hubungannya dengan Mata Kuliah Interaksi Manusia Dan Komputer


     I-Robot, film yang menceritakan tentang kehidupan manusia moderen di Chicago, Amerika Serikat pada tahun 2035 ini merupakan salah satu contoh bagi Interaksi manusia dan komputer, karena di film ini banyak sekali interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer terutama robot.
       Pada awal film terlihat interaksi antara manusia dan robot yang pertama, yaitu saat tokoh utama sebagai polisi dan seorang anak perempuan terjebak didalam mobil yang tenggelam di dalam air yang dalam dan datang sebuah robot penyelamat kemudian melihat mobil yang tenggelam itu. Robot itu datang dan melihat persentase untuk hidup terbesar antara Si polisi dan anak perempuan itu, melihat Si robot yang akan menyelamatkan polisi tersebut kemudian polisi berkata kepada robot yang akan menyelamatkannya untuk menyelamatkan anak perempuan terlebih dahulu, walaupun polisi itu mengetahui bahwa hal itu akan membunuhnya tapi polisi tersebut tetap mengatakan untuk menyelamatkan anak perempuan itu tapi robot itu tidak mendengar dan sama sekali tidak mematuhinya karena ada 3 aturan yang harus dipatuhi oleh robot tersebut, yaitu:

1. Sebuah robot tidak boleh melukai manusia.
2. Sebuah robot harus mematuhi perintah apapun yang diberikan oleh manusia kepadanya, kecuali perintah tersebut akan bertentangan dengan hukum pertama.
3. Sebuah robot harus melindungi dirinya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan hukum pertama dan hukum kedua.

“Save the girl” itulah yang polisi katakan kepada robot itu. Tapi berdasarkan 3 hukum di atas, maka robot tersebut menyelamatkan polisi karena persentase untuk hidup polisi adalah 45% dan persentase anak perempuan adalah 11%. Akhirnya polisi tersebut selamat dan anak perempuan itu meninggal.
          Spooner, adalah nama polisi itu tepatnya sebagai Detektif Spooner. Setelah kejadian itu Spooner merasa bersalah akan kematian anak kecil tersebut dan selalu membayangkan kejadian saat itu. Interaksi yang terjadi antara Spooner dengan robot pada saat itu sebenarnya hanya menggunakan video dan audio (dari sisi robot) dan tidak menggunakan sisi hati nurani sehingga hanya memperhitungkan penyelamatan melalui logika komputer saja. Jika yang menyelamatkan adalah manusia mungkin manusia itu akan menyelamatkan anak kecil tersebut karena manusia memiliki hati nurani  dan dia gunakan untuk berinteraksi dengan manusia lainnya.
             Sejak kajadian itu Spooner menjadi  sangat benci kepada robot, karena sifatnya yang tidak mempunyai hati nurani. Suatu hari Spooner bertemu dengan robot bernama Sunny saat menyelidiki kasus pembunuhan Dr. Alfred Lanning dan Spooner meduga bahwa Sunnylah yang membunuh Dr. Alfred Lanning Spooner karena pada saat itu ruangan kejadian pembunuhan merupakan tempat yang tertutup. Setelah sekian lama bersama Sunny, Spooner baru menyadari bahwa Sunny adalah robot yang salah untuk dia curigai karena Sunny merupakan robot khusus yang diciptakan Dr. Alfred Lanning untuk memberi tahu kepada Spooner bahwa ada yang salah terhadap 3 hukum tersebut saat itu seluruh robot menjadi hilang kendali dan menyerang seluruh manusia karena beranggapan untuk melindungi manusia robot harus mengorbankan sebagian manusia lainnya dan memaksa manusia untuk tinggal di rumah agar dirinya sendiri tidak terluka. Namun saat itu Sunny tidak berubah karena kekhususannya itu. Sunny adalah robot khusus yang bisa bermimpi, merasakan dan mengeluarkan emosi seperti marah, dan menggunakan  expresi manusia seperti kedipan mata. Mungkin saat ini Sunny merupakan robot yang paling mirip dengan manusia karena memiliki ciri- manusia yang sesungguhnya yaitu emosi.
            Pada bagian akhir film Dr. Calvin yang merupakan teman dari Spooner akan jatuh dari ketinggian karena diserang para robot yang hilang kendali kemudian Sunny datang menyelamatkan Spooner namun Spooner berkata kepada Sunny untuk menyelamatkan Dr. Calvin, karena Sunny memiliki perasaan dan sudah mirip seperti manusia maka Sunny menyelamatkan Dr. Calvin dan Spooner berhasil selamat karena usahanya sendiri dan mengalahkan otak utama dari semua robot dengan menyuntikan virus ke induk robot yang hilang kendali.
          Interaksi antara Spooner dan Sunny yang terakhir berhasil karena sistem Sunny sudah menggunakan interaksi manusia dan komputer yang lebih sempurna daripada robot sebelumnya yang ada. Sunny merupkan system yang sangat user friendly, mudah untuk dipergunakan karena bisa menggunakan seluruh panca indera untuk berinteraksi dengannya, seluruh aspek dari interaksi  manusia dan komputerpun sudah masuk seluuhnya ke system Seperti: Psikologi, Ergonomi, Sosiologi, Ilmu komputer dan teknik, Bisnis dan desain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar